logo  praktek

Home       About Us     Contact Us     layanan_klinik_hati    Fasilitas Klinik Hati    Jadwal Praktek Dokter   Registrasi Pasien  |   Kegiatan Klinik Hati
Welcome to liver clinic Prof. Ali Sulaiman ©

prof

Simposium Hepatitis Virus dan Penyakit Hati Lainnya

oleh:  Prof. dr. H. Ali Sulaiman, Ph.D, SpPD, KGEH.,

Divisi Hepatologi, Dept. I Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran

UNIVERSITAS INDONESIA

Bismilliachirrohmanirrhochim..
Jakarta 28 Juli 2011

Assalamualaikum Wr.Wb.

Bapak, ibu, Saudara yang terhormat.

Klinik Hati ProfAli Sulaiman bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Jakarta dan Ikatan  Dokter Indonesia Wilayah Jakarta, kembali akan menyelenggarakan simposium “Hepatitis Virus dan Penyakit Hati lainnya.” yang ke 2,  tetap dengan fokus pada “Pendekatan Klinik dalam Praktek Sehari-hari”..Tema simposium mengalami sedikit perubahan, dimana pada simposium  yang pertama tema simposium adalah Hepatitis Virus B dan C.sedangkan tema simposium yang sekarang dan mungkin selanjutnya adalah Hepatitis Virus dan Penyakit Hati lainnya, Dengan meluaskan tema dikandung maksud bahwa pembahasan tidak hanya pada hepatitis virus B dan hepatitis C saja, namun juga dapat menyinggung hepatitis virus, dan juga penyakit hati lainnya.. Walaupun demikian hepatitis B dan C akan tetap menjadi topik utama, karena hepatitis B dan C masih tetap menjadi problem kesehatan masyarakat yang besar di Indonesia dan di Negara-negara yang berkembang.

Kelompok ini tetap dengan perjalanan penyakit yang sama dan dalam 40% kasus akan menjadi sirosis hati kompensata, dekompensata dan sebagian menjadi  kanker hati yang akan berakhir dengan kematian . Dalam tahap ini hanya transplantasi hati yang merupakan pengobatan definitip dan akan menolong penderita tahap akhir dari hepatitis B dan C yang sangat tidak kebetulan teknik tersebut belum dapat dikerjakan  utnuk menolong para penderita.

Gambaran penyakit hepatitis B dan hepatitis C di banyak negara berkembang merupakan  fenomena gambar sebuah gunung es diamana bagian yang muncul dipermukaan laut hanynyalah merupakan bagian yangkecil dari seluruh gunung es tersebut, yaitu 30% untuk hepatitis B dan 20 % untuk hepatitis C. Yang muncul kepermukaan laut adalah kelompok mereka yang mempunyai keluhan dan gejala, sedangkan bagian yang terbesar adalah kelompok penderita yang tidak mempunyai keluhan dan gejala sehingga mereka ini tidak pernah terdignosis oleh dokter atau tenaga kesehatan lainnya.

Dengan mengikuti simposium ini diharapkan bahwa para dokter PusKesMas dan para dokter yang bekerja dilini terdepan lainnya dapat mendiagnosis dan ikut berpartisipasi dalam menatalaksana selanjutnya bagian terbesar para penderita hepatitis B dan hepatitis C, sehingga para penderita tersebut dapat tertolong dari ancaman bahaya besar menjadi sirosis hati dan kanker hati dikemudian hari.

Sampai bertemu di simposium..

Wasalamualaikum Wr.Wb.

(H Ali Sulaiman)

Catatan:

Simposium tentang "Hepatitis Virus dan Penyakit Hati Lainnya", telah diselenggarakan pada tanggal 12 dan 13 January 2011 yang lalu, diselenggarakan di Hotel MEGA ANGGREK, Kemanggisan, Jakarta Barat. Simposium dihadiri oleh  ± 600 peserta dari kalangan para Dokter Puskesmas di wilayah Jabodetabek, yang diselenggarakan oleh KLINIK HATI PROF. ALI SULAIMAN dan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan di wilayah Jabodetabek dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI), dengan para pembicara antara lain:

m

1.  Prof .H. dr. Ali Sulaiman, Ph.D, Sp.PD,  KGEH

2.  Prof. H. dr. M. Sjaifoellah Noer, , Sp.PD, KGEH

3.  Prof. H. dr.Nurul Akbar, Sp.PD, KGEH.

4.  Prof. dr.L.A. Lesmana, Sp.PD, KGEH, Ph.D, FACP, FACG

5.  Dr.Dr. Djulitasari, M.Sc.

6.  Dr. Agus Sudiro Waspodo, Sp.PD, KGEH

7.  Dr. Irsan Husen, Sp.PD, KGEH

8.  Dr. dr. Hanifah Oswari, Sp. A (K)

9.  dr. C. Rinaldi Lesmana, Sp.PD. KGEH

10.  Dr. Andri Sanitiyoso Sulaiman, Ph.D Sp.PD, KGEH.

Copyright ©2009 |   Yayasan Klinik Hati Prof. dr.H. Ali Sulaiman, Ph.D FACG   |   All Rights Reserved